Mahmud Jauhari Ali
http://www.radarbanjarmasin.co.id/
Kata sastrawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ketiga merupakan lema yang tergolong nomina dengan beberapa makna di dalamnya. Makna-makna itu adalah ’ahli sastra’, ’pujangga’, ’pengarang prosa dan puisi’, ’(orang) pandai-pandai’, dan ’cerdik cendekia’. Akan tetapi, batasan tersebut hanyalah makna umum yang termuat dalam sebuah kamus terbitan Pusat Bahasa. Kita tentu tidaklah wajib untuk mengikutinya karena Pusat Bahasa tidak selalu benar, ada kalanya mereka kurang tepat bahkan salah dalam hal bahasa. Makna-makna dalam lema sastrawan yang dibentuk dari kata sastra dan akhiran –wan itu hanyalah pemberian sepihak oleh sebuah instansi pemerintah. Kita hanya dipaksa untuk mengakuinya secara konvensional. Begitu pula dengan lema-lema yang lainnya dalam kamus terbitan Pusat Bahasa tersebut. Rugilah kita jika hanya mengikuti dan tanpa berpikir tentang produk-produk mereka. Namun, saya tidak ingin berlama-lama dengan produk Kantor Bahasa Pusat itu yang ternyata bukan pusat segala bahasa. Saat ini saya lebih tertarik dengan tulisan yang menyangkut biografi, jumlah, dan masalah sastrawan Kalimantan Selatan.
Ya, tulisan yang ditulis oleh T.N. Ganie dan Hajriansyah telah membuat saya terbuai dengan kata-kata mereka. Begitu indahnya tulisan mereka hingga saya pun bersemangat menggerakkan broca dalam otak saya untuk memproduksi kata-kata. Semoga saja tulisan saya ini bermanfaat bagi kita.
Bagian Pertama
Dalam Gairah Bersastra di Kalsel 2000—2008 (Cakrawala Radar Banjarmasin: 4, terbitan Minggu, 18 Januari 2009) T.N. Ganie menyebutkan dengan jelas bahwa setidak-tidaknya ada enam puluh sastrawan yang muncul pada rentang waktu 2000—2008. Jika kita cermati secara mendalam, jumlah itu tidak dapat kita jadikan sebagai patokan untuk sebuah pengetahuan di bidang sastra. Akan tetapi, hanya dapat kita jadikan sebagai bahan perkiraan jumlah yang sesungguhnya. Mengapa demikian? Karena dalam tulisannya itu, T.N. Ganie memakai kata ulang setidak-tidaknya (lihat kembali paragraf pertama dalam Gairah Bersastra di Kalsel 2000—2008). Kata ulang itu menunjukkan angka yang paling sedikit. Maksudnya, paling sedikit ada enam puluh sastarawan. Kata ulang itu juga menunjukkan sikap tidak yakin dari T.N. Ganie dalam memutuskan jumlah yang tepat.
Setelah saya telusuri nama demi nama sastrawan yang muncul dalam rentang waktu 2000—2008 itu, ternyata nama-nama seperti Hajriansyah, Nailiya Nikmah JKF, dan Sainul Hermawan tidak tertera sebagai sastrawan Kalsel dalam rentang tersebut. Padahal, setahu saya ketiga contoh nama itu kerap muncul di Cakrawala Radar Banjarmasin. Tulisan mereka pun layak untuk dipandang sebagai karya sastra yang bermutu. Jadi, sebenarnya ada lebih daripada enam puluh sastrawan Kalsel yang muncul dalam rentang waktu 2000—2008. Muncul pertanyaan dalam sanubari saya, apa alasan T.N. Ganie yang bergelut dalam bidang sastra di Kalsel selama 28 tahun ini tidak memuat nama-nama seperti dalam contoh itu? Namun sudahlah, mungkin hanya masalah lupa, atau entahlah? Semoga T.N. Ganie juga ikut memikirkannya untuk kebaikan kita bersama.
Dalam judul yang sama, T.N. Ganie juga menyebutkan dengan jelas bahwa berdasarkan hasil pengamatan sekilas, sastrawan yang paling bergairah beraktivitas di jagad sastra pers adalah sastrawan yang muncul dalam rentang waktu 2000—2008. Sastrawan yang lahir sebelumnya tampaknya lebih senang memperkukuh eksistensi kesastrawanannya melalui sastra buku. Jujur, saya dibuat T.N. Ganie terdiam sejenak menyaksikan kata sekilas dalam paragraf ketiga pada Gairah Bersastra di Kalsel 2000—2008 itu. Kata tersebut mengandung maksud bahwa T.N. Ganie tidak mengadakan pengamatan serius di lapangan. Hal ini merupakan tindakan yang fatal dan mengakibatkan tidak dapat diterimanya hasil sebuah pengamatan. Akibatnya, tidak ilmiah karena tidak dapat dipertanggungjawabkan secara akal. Kemudian, saya kaitkan hal ini dengan kalimat seterusnya yakni, soal sastrawan masa sebelumnya yang aktif dalam sastra buku. Setelah saya perhatikan, ternyata dalam sastra pers masih bergeliat sastrawan yang dilahirkan sebelum tahun 2000. Sebut saja contohnya M. Hasbi Salim dan Ibramsyah Amandit yang tetap gigih menulis karya sastra di media massa. Contoh yang paling dekat adalah Tajudin Noor Ganie yang juga masih giat dalam sastra pers. Bukti-bukit ini mempengaruhi pernyataan T.N. Gani tentang kesenangan sastrawan yang lahir sebelum tahun 2000 dengan sastra buku yang juga dinyatakan dengan kata yang meragukan, yakni tampaknya.
Masih dalam tulisan yang sama, T.N. Ganie juga mengabaikan sastra elektronik selain sastra pers dan sastra buku. Kita sekarng hidup di zaman yang canggih. Jadi, tidak menutup kemungkinan terjadi pemanfaatan teknologi internet sebagai ruang bersastra oleh para sastrawan Kalsel. Sebut saja contohnya Arsyad Indradi yang aktif di www.penyairnusantara.blogspot.com, Sandi Firly yang aktif di www.sfirly.wordpress.com, dan Harie Insani Putra yang aktif di www.hariesaja.net.
Dalam tulisan itu juga, T.N. Ganie menyebutkan beberapa simpulan. Dinyantakannya bahwa dominasi sastrawan Kalsel yang muncul dalam rentang 2000—2008 ada kaitannya dengan kemudahan yang diberikan oleh pengasuh rubrik sastra di berbagai koran. Sebenarnya bukan mudah, melainkan lebih mudah daripada menembus koran nasional seperti SKH Kompas dan SKH Republika. Dalam simpulan itu, juga diungkapkan bahwa sastrawan sebelum tahun 2000 tetap produktif menulis karya sastra dengan mutu yang semakin meyakinkan. Sebenarnya hanya sebagian. Tidak semua sastrawan yang dilahirkan sebelum tahun 2000 masih aktif. Jadi, dalam tulisan itu seharusnya, ditambah pula keterangan yang masih hidup di belakang sastrawan kelahiran sebelum tahun 2000.
Di akhir tulisan itu, T.N. Ganie menyatakan bahwa sastrawan yang muncul dalam rentang waktu 2000-2008 dengan kemampuan finansial masih terbatas (masih tergantung pada pemberian orang tua) bagaimana mungkin berani bernekad-ekad menerbitkan buku sastra. Dalam hal ini rupanya T.N. Ganie lupa bahwa tidak semua sastrawan yang dimaksudnya masih menadah uang dari orang tua. Sebut saja M. Nahdiansyah Abdi bekerja di Rumah Sakit Jiwa Sambang Lihum, Abdurrahman El Husaini bekerja sebagai guru dengan status PNS, dan Rissari Yayuk bekerja di instansi bahasa dan sastra. Ini berarti penyataan T.N. Ganie itu perlu diperbaiki agar tidak menjadi sebuah pengetahuan sastra yang kurang tepat. Pengetahuan sastra yang baik sangat diperlukan oleh masyarakat di Kalimantan Selatan.
Bagian Kedua
Dalam Menulis, Penulis: Aha, Sastrawan! (Cakrawala Radar Banjarmasin: 4, terbitan Minggu, 25 Januari 2009) Hajriansyah melemparkan sebuah pertanyaan ditujukan kepada T.N. Ganie yang menggelitik otak saya untuk berpikir. Pertanyaan itu adalah apakah dengan cukup pernah menulis satu tulisan saja kemudian orang itu dapat dicatat sebagai sastrawan, meski kemudian si penulis itu tidak pernah menulis lagi? Pertanyaan ini dijawab oleh T.N. Ganie dengan kata Ya dalam tulisannya berjudul Biografi Sastrawan Kalsel: Sumber Data Manuskrip Saya yang diterbitkan pada tanggal 1 Februari 2009 di koran yang sama. Jujur, jawaban T.N. Ganie ini membuat hati saya kurang sependapat dengannya. Mengapa?
Pertama, hal ini dapat berdampak buruk terhadap dunia sastra di Kalimantan Selatan. Para penulis sastra, misalnya puisi, yang baru saja menulis dapat berhenti berkarya karena dirinya sudah dicatat sebagai sastrawan. Mereka yang ingin menjadi sastrawan Kalsel, dengan keputusan T.N. Ganie itu, tentunya sudah mencapai tujuan, yakni diakui sebagai sastrawan. Jadi, untuk apa lagi mereka berkarya? ’Kan sudah menjadi sastrawan Kalsel? Ini namanya meredupkan cahaya dunia sastra di Kalsel. Jawaban T.N. Ganie tersebut juga dapat menyebabkan matinya usaha oleh penulis sastra pemula memperbaiki hasil cipta sastra untuk menjadi lebih baik lagi agar diakui sebagai sastrawan.
Kedua, belumlah layak jika hanya satu kali menulis langsung diakui sebagai sastrawan. Mereka yang baru satu kali menulis ini lebih layak disebut sebagai penulis karya sastra sangat pemula. Karena mereka baru pertama sekali menulis di koran, majalah, buku, atau laman (blog).
Dalam tulisannya, Hajriansyah juga berasumsi. Ya, hanya berasumsi bahwa nama-nama sastrawan Kalsel tak pernah ’dianggap’ di ranah kesusastraan Indonesia karena memang karya-karya sastrawan Kalsel tak cukup ’bagus’ di mata dunia; terlampau mudah menjadi sastrawan Kalsel. Menyangkut masalah ini, T.N. Ganie dalam Biografi Sastrawan Kalsel: Sumber Data Manuskrip Saya menyatakan tidak ada hubungan antara kemudahan menjadi sastrawan Kalsel dengan diakuinya sastrawan Kalsel di ranah kesastraan Indonesia. Sepengetahuan saya tidak semua nama sastrawan Kalsel tidak dianggap di ranah Indonesia. Buktinya, Micky Hidayat dinobatkan sebagai Ketua III Komunitas Sastra Indonesia. Begitu pula dengan Sandi Firly yang cerpen-cerpennya dimuat dalam Jurnal Cerpen Indonesia.
Menurut saya, dengan mudahnya seseorang diakui sebgai sastrawan Kalsel juga mempengaruhi mutu karya sastra yang diciptakannya. Karena sudah menjadi sastrawan Kalsel, penulis pemula sekali tidak bergairah lagi mengejar target menjadi sastrawan. Keadaan yang seperti itu, menyebabkan karya-karya yang dihasilkan kurang bermutu. Namun demikian, sebenarnya dengan tertolaknya naskah puisi, cerpen, atau mungkin novel sasrawan Kalsel di ranah Indonesia, memberikan kesadaran. Kesadaran bahwa untuk dapat diterima di ranah Indonesia dan dunia, perlu kerja keras membuat karya yang bagus dan tentunya juga sesuai selera dewan redaksi di luar sana.
Menganai sastrawan mana yang paling produktif, kreatif, konsisten, terkenal, dan sebagainya, sastrawan Abdul Karim Amar (AKA) yang kini aktif di KSI Cabang Kertak Hanyar memisalkannya seperti obat paten dan generik. Artinya, sastrawan itu ada yang ”paten” dan ada yang ”generik”. Hal itu menurutnya perlu disadari dalam diri masing-masing. Apakah diri kita termasuk ke dalam yang paten ataukah yang generik? Introspeksi dirilah.
Hal yang membuat saya terusik adalah pernyataan T.N. Ganie dalam Biografi Sastrawan Kalsel: Sumber Data Manuskrip Saya bahwa apa perlunya kita memaksa seseorang agar tetap mengukuhi profesinya sebagai sastrawan…. Lanjutnya, padahal kita tahu, profesi sebagai sastrawan, terutama sekali di daerah Kalsel, bukanlah profesi yang dapat dijadikan sebagai penopang hidup. Menurut saya, kita tidak perlu memaksa, melainkan mengajak orang-orang untuk berkarya sastra guna memajukan sastra di Kalsel. Ya, agar lebih maju lagi daripada yang kita capai sekalrang. Bersastra memang bukan sekadar mencari materi, melainkan lebih daripada itu, bersastra adalah untuk kemanusiaan dan keagungan Tuhan. Percayalah, dengan itu batin kita akan menjadi kaya yang melebihi kekayaan materi.
Bagian Tiga
Menyangkut buku Antologi Biografi 426 Sastrawan Kalsel yang disebut-sebut T.N. Ganie dalam Biografi Sastrawan Kalsel: Sumber Data Manuskrip Saya, setelah saya amati, perlu dicek ulang untuk kebaikan kita bersama. Dalam buku itu masih ada kesalahan penulisan tahun lahir. Sebut saja Rissari Yayuk pada halaman 361 dalam buku itu dituliskan tahun lahirnya 1982. Seharusnya ia lahir pada tahun 1976. Contoh lainnya, Abdul Karim Amar pada halaman 21 buku itu dituliskan tahun lahirnya 1945. Seharusnya tahun 1954.
Selain itu, penambahan nama sastrawan juga diperlukan dalam buku itu. Dalam Biografi Sastrawan Kalsel: Sumber Data Manuskrip Saya disebutkan T.N. Ganie bahwa syarat agar masuk dalam Antologi Biografi 426 Sastrawan Kalsel adalah adanya biografi kesastrawanan yang berangkutan. Saya menyarankan, jika seandainya seorang sastrawan yang kerap menulis karya sastra di koran dan tidak ada biografinya, tanyakan saja ke pengasuh rubrik sastra koran tersebut. Karena, biasanya pengasuh rubrik sastra koran yang bersangkutan tahu sedikit banyak dengan para sastrawan yang karyanya dimuat dikoran tersebut. Jadi, tidak harus dengan buku yang memuat biografi sastrawan Kalsel.
Sastrawan Kalimantan Selatan jumlahnya tidaklah sedikit. Dengan jumlah yang banyak itu, ditambah lagi dengan kemunculan sastrawan Kalsel pada tahun-tahun yang berbeda, memang perlu pendokumentasian yang akurat dan tentunya dapat dipertanggungjawabkan. Apa yang telah dilakukan T.N. Ganie dengan karyanya memang harus kita hargai dengan memberikan perhatian seperti berupa kritik dan semangat kepadanya untuk hasil yang lebih baik lagi. Akhirnya, marilah kita bersama-sama berusaha memberikan kontribusi yang berharga dalam memajukan sastra di Kalimantan Selatan semampu diri kita. Bagaimana menurut Anda?
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Khoirul Anam
A Qorib Hidayatullah
A Rodhi Murtadho
A. Yusrianto Elga
A. Zakky Zulhazmi
A.S. Laksana
Aang Fatihul Islam
Aba Mardjani
Abd. Mun’im
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Gaffar Ruskhan
Abdul Hadi W. M.
Abdul Kadir Ibrahim
Abdul Malik
Abdul Muis
Abdul Wachid BS
Abdullah Khusairi
Abidah El Khalieqy
Abimardha Kurniawan
Abroorza A. Yusra
Abu Salman
Acep Iwan Saidi
Achmad Farid Tuasikal
Adek Alwi
Adi Marsiela
Adian Husaini
Adib Muttaqin Asfar
Adji Subela
Afandi Sido
Afriza Hanifa
Afrizal Malna
Ageng Wuri R. A.
Ags. Arya Dipayana
Aguk Irawan M.N.
Agus B. Harianto
Agus Bing
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus R. Subagyo
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
Agus Sunyoto
Agus Wibowo
Agus Wirawan
Agusri Junaidi
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahid Hidayat
Ahm Soleh
Ahmad Asyhar
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Fuadi
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Rofiq
Ahmad Suhendra
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Aini Aviena Violeta
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Muhaimin Azzet
Akhmad Sekhu
Al Azhar Riau
Al-Fairish
Alex R. Nainggolan
Alexander G.B.
Alfian Zainal
Aliansyah
Alimuddin
Almania Rohmah
Alunk Estohank
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Anata Siregar
Andi Sutisno
Andy Riza Hidayat
Anies Baswedan
Anindita S Thayf
Anis Ceha
Anis Faridatur Rofiah
Anjrah Lelono Broto
Anna Subekti
Anton Kurnia
Ari Hidayat
Ari Kristianawati
Arie MP Tamba
Arief Junianto
Aris Kurniawan
Arti Bumi Intaran
Arul Arista
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Sambodja
Atiqurrahman
Awalludin GD Mualif
Ayu Purwaningsih
Babe Derwan
Bakdi Soemanto
Balada
Bale Aksara
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bayu Dwi Mardana
Bellanissa Zoditama
Beni Setia
Benny Arnas
Beno Siang Pamungkas
Berita
Berita Duka
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Brunel University London
BSW Adjikoesoemo
Budaya
Budhi Setyawan
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiawan Dwi Santoso
Bur Rasuanto
Burhanuddin Bella
Bustan Basir Maras
Catatan
Catullus
CB. Ismulyadi
Cerbung
Cerita Rakyat
Cerpen
Chavchay Syaifullah
Cikie Wahab
Cunong Nunuk Suraja
D Zawawi Imron
Dad Murniah
Dadang Ari Murtono
Dahlia Rasyad
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Paranamesa
Darju Prasetya
Darman Djamaluddin
Darman Moenir
Dasman Djamaluddin
David Krisna Alka
Dea Anugrah
Dedy Tri Riyadi
Denny JA
Denny Mizhar
Desi Sommalia Gustina
Dewi Anggraeni
Dharma Setyawan
Dian Hartati
Didi Arsandi
Dina Oktaviani
Dipo Handoko
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Doddi Ahmad Fauji
Doddy Hidayatullah
Dodi Chandra
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donny Anggoro
Dony P. Herwanto
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Klik Santosa
Dwi Pranoto
Dwicipta
Edy A Effendi
Edy Firmansyah
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Ellyzan Katan
Elnisya Mahendra
Emha Ainun Nadjib
Endah Imawati
Eni Suryanti
Eny Rose
Eriyandi Budiman
Eriyanti
Erwin Edhi Prasetya
Erwin Setia
Esai
Evan Ys
Evi Idawati
F Rahardi
Fadly Rahman
Fahrudin Nasrulloh
Faizah Sirajuddin
Faizal Syahreza
Fajar Alayubi
Fakhrunnas M.A. Jabbar
Fanny Chotimah
Fariz al-Nizar
Fariz Alneizar
Faruk HT
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Fathurrahman Karyadi
Fatimah Wahyu Sundari
Fauzan Santa
Fazabinal Alim
Festival Sastra Gresik
Fikri MS
Fiksi Mini
Fransisca Dewi Ria Utari
Franz Kafka
Fuad Anshori
Furqon Abdi
Fuska Sani Evani
Gendhotwukir
Gendut Riyanto
Gerson Poyk
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gregorio Lopez y’ Fuentes
Gugun El-Guyanie
Gunawan Budi Susanto
Gus Noy
H.H. Tokoro
Hadi Napster
Hamberan Syahbana
Hamdy Salad
Hamsad Rangkuti
Han Gagas
Hang Kafrawi
Hani Pudjiarti
Hanna Fransisca
Hardi Hamzah
Hardjono WS
Haris del Hakim
Haris Priyatna
Harris Maulana
Hary B. Kori'un
Hasan Al Banna
Hasan Junus
Hasbullah Said
Hasnan Bachtiar
HE. Benyamine
Heidi Arbuckle
Helmi Y Haska
Helvy Tiana Rosa
Hendra Junaedi
Hendri Nova
Herdoni Syafriansyah
Heri Kurniawan
Heri Latief
Heri Ruslan
Herman RN
Hermawan Aksan
Hermien Y. Kleden
Herry Lamongan
Holy Adib
Humaidiy AS
Husni Anshori
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Tingkat
I Wayan Artika
Ibnu Wahyudi
Ida Farida
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Imam Cahyono
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Tohari
Indra Tranggono
Indrian Koto
Irwan Kelana
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Isma Swastiningrum
Ismi Wahid
Iwan Gardono Sujatmiko
Iwan Gunadi
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya Djafar
Iwank
J.S. Badudu
Janoary M Wibowo
Javed Paul Syatha
JILFest 2008
JJ. Kusni
Jodhi Yudono
Joko Novianto Bp
Joko Pinurbo
Jones Gultom
Jual Buku Paket Hemat
Jusuf AN
Kadek Suartaya
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Kedung Darma Romansha
Kenedi Nurhan
Khaerudin Kurniawan
Khaerul Anwar
Ki Sugito Ha Es
Kirana Kejora
Komunitas Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kunthi Hastorini
Kuntowijoyo
Kurie Suditomo
Kurnia Effendi
Kurniawan
Kuswinarto
La Ode Rabbani
Lathifa Akmaliyah
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember
Leon Agusta
Lily Siti Multatuliana
Lily Yulianti Farid
Lina Kelana
Liza Wahyuninto
Lona Olavia
Lugiena Dé
M Fadjroel Rachman
M Farid W Makkulau
M Syakir
M. Dawam Rahardjo
M. Faizi
M. Mustafied
M. Raudah Jambak
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M.Th. Krishdiana Putri
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Maklumat Sastra Profetik
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mangun Kuncoro
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria D. Andriana
Maria Magdalena Bhoernomo
Mariana Amiruddin
Maryati
Marzuzak SY
Mashuri
Maulana Syamsuri
Media: Crayon on Paper
Mega Vristian
MG. Sungatno
Misbahus Surur
Mofik el-abrar
Moh. Amir Sutaarga
Moh. Ghufron Cholid
Mohammad Hatta
Mohammad Kh. Azad
Mohammad Takdir Ilahi
Much. Khoiri
Muhamad Taslim Dalma
Muhammad Rain
Muhammad Subhan
Muhammad Yasir
Muhammadun A.S
Muhidin M Dahlan
Mujtahid
Mulyawan Karim
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Mustofa W Hasyim
N Teguh Prasetyo
N. Mursidi
Nadhi Kiara Zifen
Nana Riskhi Susanti
Nanang Suryadi
Naskah Teater
Nasrulloh Habibi
Neva Tuhella
Nietzsche
Nirwan Dewanto
Nizar Qabbani
Noor H. Dee
Nova Christina
Novelet
Nunung Nurdiah
Nur Wachid
Nurani Soyomukti
Nurel Javissyarqi
Nurman Hartono
Nuryana Asmaudi
Nyoman Tusthi Eddy
Obrolan
Oky Sanjaya
Oyos Saroso HN
P Ari Subagyo
Pagelaran Musim Tandur
Pamusuk Eneste
Panji Satrio
PDS H.B. Jassin
Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga
Pipiet Senja
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi AS
Pringgo HR
Prosa
Puisi
Puji Santosa
Purnawan Andra
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Satria Kusuma
Putu Wijaya
R Masri Sareb Putra
R. Adhi Kusumaputra
R. Timur Budi Raja
R.N. Bayu Aji
Radhar Panca Dahana
Ragdi F. Daye
Rahmi Hattani
Raja Ali Haji
Raju Febrian
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rama Dira J
Rama Prabu
Ramadhan KH
Ramon Magsaysay
Ramses Ohee
Ratih Kumala
Raudal Tanjung Banua
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Ressa Novita
Ressa Sagitariana Putri
Ria Ristiana Dewi
Rialita Fithra Asmara
Ribut Wijoto
Rida K Liamsi
Rifka Sibarani
Rilda A. Oe. Taneko
Rilda A.Oe. Taneko
Rimbun Natamarga
Rinto Andriono
Risang Anom Pujayanto
Rita Zahara
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rohman Budijanto
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S. Takdir Alisyahbana
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Sajak
Sajak Sebatang Lisong
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Salman S. Yoga
Salyaputra
Samson Rambah Pasir
Samsudin Adlawi
Sanie B. Kuncoro
Santy Novaria
Sapardi Djoko Damono
Sarabunis Mubarok
Sartika Dian Nuraini
Sasti Gotama
Sastra Nusantara
Satmoko Budi Santoso
Satriani
Saut Poltak Tambunan
Saut Situmorang
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Selasih
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Shadiqin Sudirman
Shiny.ane el’poesya
Shourisha Arashi
Sidik Nugroho
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindu Putra
Siska Afriani
Siti Sa’adah
Sitok Srengenge
Siwi Dwi Saputro
Slamet Samsoerizal
Sobih Adnan
Sofyan RH. Zaid
Solihin
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sony Wibisono
Sosiawan Leak
Sri Wintala Achmad
Sri Wulan Rujiati Mulyadi
Stevani Elisabeth
Suci Ayu Latifah
Sucipto Hadi Purnomo
Sudarmoko
Sudirman HN
Suhadi Mukhan
Suharsono
Sukar
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Supriyadi
Suriani
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Syahruddin El-Fikri
Syaripudin Zuhri
Syifa Aulia
Syu’bah Asa
T.A. Sakti
Tammalele
Tan Lioe Ie
Tasyriq Hifzhillah
Taufik Abdullah
Taufik Effendi Aria
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Wr. Hidayat
TE. Priyono
Teguh Winarsho AS
Tenas Effendy
Tengsoe Tjahjono
Thayeb Loh Angen
Theresia Purbandini
Tia Setiadi
Tias Tatanka
Tito Sianipar
Tjahjono EP
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
Topik Mulyana
Tosa Poetra
Tri Harun Syafii
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Udo Z. Karzi
Uly Giznawati
Umar Fauzi Ballah
Umbu Landu Paranggi
Umi Kulsum
Uniawati
Universitas Indonesia
Usman Arrumy
Usman D.Ganggang
Utada Kamaru
UU Hamidy
Viddy AD Daery
W.S. Rendra
Wa Ode Wulan Ratna
Wahib Muthalib
Wahyudi Akmaliah Muhammad
Wardjito Soeharso
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Weli Meinindartato
Wicaksono
Widodo DS
Wina Karnie
Wisran Hadi
Wong Wing King
Yan Maniani
Yanti Mulatsih
Yanuar Arifin
Yasser Arafat
Yaumu Roikha
Yetti A. KA
Yohanes Padmo Adi Nugroho
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yudhi Ms
Yudhistira ANM Massardi
Yulianna
Yurnaldi
Yusi A. Pareanom
Yusi Avianto Pareanom
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuyun Ifa Naliah
Zaim Rofiqi
Zainal Arifin Thoha
Zakki Amali
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zelfeni Wimra
Zuarman Ahmad
Zulfikar Akbar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar