Nurel Javissyarqi *
http://sastra-indonesia.com
Sudah lama saya tidak menulis, Bismillah…
Tanggal 15 Juli 2012 saya membedah salah satu karyanya penulis ini (Penakluk Badai; novel biografi KH. Hasyim Asy’ari) tanpa makalah (lantaran informasi kepada saya mendadak, dan di hari itu juga mengisi acara di kampus STITAF, Siman, Sekaran, Lamongan, dengan makolah bertitel “Pendidikan; Prospek Pembentuk Karakter Budaya”, untunglah jadwal waktunya tidak bertabrakan; pagi hingga siangnya di Pesantren Sunan Drajad, siangnya sampai sore di kampus).
Dan 14 Mei 2014 kini membedah bukunya yang saya singkat Paus, sebagaimana perpendekan dari judul bukunya, di Pesantren Putri al-Fathimiyah, Banjarwati, Paciran, sebelah baratnya Pesantren Sunan Drajad, Lamongan (tempat bedah novelnya). Ia dapat dibilang produktif, sudah puluhan buku lahir atas jemari tangannya, ia pun putra terbaik Mbah Lamong yang pernah menimba keilmuan di Mesir. Bagi saya, ia penulis yang berjalan di jalur lurus, apapun dirinya kenyam; pengalaman hidup, pembacaan hayat, penafsiran buku-buku yang dipejarinya demi mengukuhkan iman sekaligus bersyiar menegakkan panji-panji kebenaran yang diyakini, pendek kata tidak sastrawan asal-asalan. Ini melayangkan ingatan pada bakal buku saya yang menohok mereka kelak, yang sukanya tanpa penyelidikan dalam penelusuran jauh, bagi jawabannya; Insyaallah akan terbit di tahun ini “Membongkar Mitos Kesusastraan Indonesia,” yang mungkin sama satu sisi atas buku dibedah kali ini; membongkar borok nalar jahiliah, kemudian memekarkan harum kembang akidah Islamiyah, bagi para penulis muslim yang kangen memasuki alam sastrawi, amin.
Buku Paus karya penulis ganteng itu menambah perbendaharaan bagi bangunan susastra di Nusantara, setidaknya memberi peringatan agar mereka tidak lepas kendali dengan membaca sejarah; yang mengsle sepatutnya dibetulkan, yang bengkok seyogyanya diluruskan. Berhubung belum membaca atau buku tersebut belum berada di tangan, jadi mengalir saja. Saya peroleh kabar judulnya Paus dari panitia, saat perjalanan hari Jum’at 9 Mei 2014, antara Ponorogo-Lamongan, tepatnya jalan tembus Nganjuk-Ploso, tidak melewati kota Jombang. Laku ini; pembacaan sebelum kejadian, mengingatkan saya kepada santri Gebang Tinatar Tegalsari, Ponorogo, R.Ng. Ronggowarsito yang menjawab surat lawan bicaranya tanpa baca layangnya terlebih dulu, atau menanggapi perkara yang sedang akan terjadi. Sebelum menembus Paus, sekali lagi sudah lama tidak menulis, jadi perlu mengulas balik perjalanan diri, kalau pun ingatan ialah sejarah. Alhamdulillah dari bulan Mulud sampai di dalam Rajab tahun ini, saya sudah rampung mengeditori karya guru saya KH. A. Aziz Masyhuri, yang bertitel “Ensiklopedia Tarekat dalam Tasawuf” yang dipengantari Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, Said Aqil Sirad, dan Martin van Bruinessen, atau telah lama tidak merambahi dunia sastrawi dengan ketekunan seajek masa lalu, ini melayangkan rekaman tatkala mengisi acara di kota Malang bulan lalu, syukurlah serpihan ingatan itu layaknya kembali oleh dibantu pembanding saya yang setia mengamati perkembangan sastra, ia juga penulis esai, peneliti kebudayaan, sekaligus penyair yang duduk sebagai dosen di UIN Malang, yakni Misbahus Surur, di kota Apel tersebut pula bertemu sastrawan Denny Mizhar, lantas ingatan-ingatan itu kini kembali segar bugar, maka sepatutnya catatan ini diteruskan.
Mungkin buku Paus semacam penjabaran meluas sedari titik esainya Aguk yang pernah membedah karya saya, jika diri ini keterlaluan, esainya “Menimbang Kepenyairan Sutardji Calzoum Bachri (SCB) dari buku Nurel: Menggugat Tanggungjawab Kepenyairan” (dibedah di Pusat Kebudayaan Indonesia-Belanda “Karta Pustaka,” Jl. Bintaran Tengah 16 Yogyakarta, 21 Juli 2011) yang embrionya kalau tidak keliru sudah ditulisnya di Koran Republika, sebelum buku saya terbit. Setelah membuka google, data buku Paus berisikan esai-esai budaya dan agama, cetakan I, 2013, x + 434 hlm; 15 cm x 23 cm, penerbit Jalasutra, Yogyakarta. Sepintas laksana betul terbilang pada (kutipan) pengantar bukunya berikut ini: “Buku ini merupakan karya suntingan dengan beragam tajuk yang kami pilih dan kumpulkan. Sebagian besar berbentuk esai-esai ringan yang sudah dipublikasikan di pelbagai koran, baik nasional maupun daerah, serta majalah-majalah dan jurnal. Sebagian lain berbentuk makalah yang kami sampaikan dalam kesempatan seminar dan diskusi di tingkat nasional maupun lokal. Dan sebagian lagi berbentuk makalah ilmiah, sebagai tugas belajar di bangku program Pasca Sarjana selama kuliah di UIN Sunan Kalijaga.”
Kini waktunya saya bercuap-cuap; sejarawan Karen Armstrong yang menulis buku “Muhammad, a Biography of the Prophet” menyebutkan di buku itu “Puisi ialah pusat kehidupan politik Arab” yang sebelumnya mengunggah puisinya Ka’b ibn Asyraf, seorang penyair Yahudi dari klan Nadir yang pergi ke Makkah dan mulai menulis syair menghasut, demi mendesak suku Quraisy merapatkan barisan melawan Muhammad serta membalas dendam, bunyi syairnya: Wahai bumi tatkala nyawa mereka malayang // Telah terbelah dan menelan manusia// Dialah yang menyebarkan kisah yang merasuki // atau hidup ketakutan, buta dan tuli. Syair di masa itu khususnya (di Arab) dan pada umumnya sekarang (di Indonesia), maksud saya yang berbobot memiliki daya pamor tak sekadar nalar juga rasa, pula sejarah yang melingkupinya, tak cuma menggerakkan jiwa pun mampu merasuki ruh-ruh pendengarnya, hingga mental tanggung mudah dilahap rayuannya, dibakar semangat belianya ke lembah-lembah kegelapan maupun sebaliknya sanggup mengangkat ke derajad tertinggi, terus membagi pencerahan bagi indra-indra dipersaksikan di atas bukit kebenaran yang dilantunkan. Namun kini laksana jauh dari bukti (realitas), semacam mimpi di siang bolong kalau hendak mengamini paragraf ini, tapi perlulah dipetik bagaimana para penyair yang hidup di Tanah Air kini, kebanyakan mereka berlatih menyusun kata-kata indah yang tidak berasal dari laku hidupya, bersibuk menyuntuki jasadiah teks, dan tidak beranjak sedari mana kata-kata hadir lalu mengembara, seperti para pelajar berlatih membuat puisi lantas disenggang waktu dikumpulkan di meja redaksi untuk dikoreksi, disortir mengenai dimuat-tidaknya di halaman koran atau majalah, tujuannya membuat puisi/sajak menawan, runutan kalimatnya kuat sebab berkali-kali dibenahi, menambal lubang-lubang kelemahan ditutupi dengan ketekunan berulang, ketundukan pada nafsu ingin diakui. Syair-syair itu kelak jadi timbunan sampah kertas yang membuat orang-orang malas membacanya, karena geguratannya dari pembelajaran atas keinginan menulis kalimat indah, yang kerap terlepas dari pembacaan karya para leluhur, atau kehadirannya tidak mewakili suara musim-musim menaungi bangsanya hadir serta tumbuh di dunia ini. Bagaimana mampu membuat karya mempuni, jikalau dalam kehidupannya sehari-hari jarang merenungi di tengah wengi menginsyafi lelangkah kaki kembaranya, tak sekadar ayunan ingatan di atas bacaan yang mengisari, mereka jarang menyendiri demi peroleh inti daripada perjuangan panjang bangsanya, seakan melupa merambahi leladang kesadaran insani untuk menghaturkan kesaksian dari beningnya malam pertiwi, demi dipersembahkan pada siang pengorbanan, mereka terlelap kesibukan membuat menara gading yang pasti retak ambruk menimpahi wewaktunya jadi kesia-siaan merenggut usianya, lantaran tidak menelaah gerak terdalam hakikat hidup seirama kata-perbuatan, selaras laku-keyakinan, seimbang membaca perubahan, serasi denyutan jiwanya naik-turun semelodi angin bertiup menghidupi pepohonan, suburkan mata air pegunungan, serta mengharumkan kembang-kembang peradaban.
Buku Paus saya kira menghidangkan santapan lezat bagi yang ingin berjalan di landasankebenaran; mengetengahkan keindahan santun, memiliki rerujukan dari bebidang disorotinya serta diramu menjelma formula tidak sekadar jitu, juga perluas kewaspadaan perasaan insani; pembacanya saat menyusuri arus besar yang disandang karya tersebut. Menyuguhkan penerang bahwa karya sastra tidak beraneh-aneh, dan gagasan kesastrawiannya bukan bermula dari keblingeran ingin dianggap nyeleneh, tetapi berawal hati teguh iman, penalaran kuat, menghayatan dalam, bukan rakitan apalagi akrobatik kata laksana sulapan. Karya-karya Aguk; novel, esai, cerpen pula puisinya, sedari pembacaan jati dirinya di tengah-tengah pergolakan jamannya, mengudar hidupnya demi memantabkan keyakinan, membentangkan hasil bumi penyelidikannya, dengan langkah pelahan terus mempelajari apa yang patut ditopang, dan menghempaskan yang perlu ditinggalkan. Sekadar menyebut nama pengarang karya sastra yang diilhami ruhaniah Qur’ani, Jalaluddin Rumi dengan Diwan-i Syams-i Tabriz-nya, kitab At-Thawasin karya al-Hallaj, masuk ke dataran Tanah Air di Serambi Mekkah (Aceh) bertebaran karya-karya Hikayat Perang Sabil (HPS), ada yang bersumber dari kitab Mukhtasar Muthiri’I-gharam disusun Syaikh Ahmad Ibn Musa, kitab Tadkhiratal-Radikin (1890) atas Tgk. Chik Kutakarang, ada juga HPS (1834) sedari karangan ulama besar Syaikh Abd al-Samad (Abussamad) al-Falimbani (Palembang), pula HPS yang disusun Teungku Putroe, permaisuri Sultan Muhammad Daud Syah. Kalau menyimak para penyair di masa Rasulullah SAW, semisal Hasan bin Tsabit, Ibnu Rawahah, lebih jauh dapat dibaca di buku Paus. Para beliau mengarang karya sastra bukan semata ingin dikenal sebagai sastrawan, tetapi lewat sentuhan langgam kesusastraan, berharap para pembacanya memahami yang sejatinya diperjuangkan dalam sekelumit usianya, beliau mengurai tahap kecintaannya kepada Allah SWT dengan tidaklewar dari perangai menawan di atas kilatan cahaya kitab suci, segala sumber pencapaian para pendahulu dipelajari, dipadukan pencarian pribadinya terhadap keindahan suci. Para beliau memantabkan iman bukan oleh penalaran saja, juga pergulatan goda dalam wewaktu peribadatannya, bersunyi-sepi menapaki tangga hidup nur pengetahuan, membaca segenap perubahan, menyimak bebentuk rayuan lembut, mengenal dalam fitroh manusia atas makolah para sahabat nabi, para imam, para mufassir dll, kesemuannya dikandung dalam kurungan masa kehidupan di dunia, yang sebagian terlahir dalam karya-karya besarnya dan kita mengenalnya.
***
Barusan panitia acara telepon, kalau bukunya akan sampai besok sore di Stasiun Semut, Surabaya, jadi masih ada kesempatan membaca barang sehari-semalam sebelum melanjutkan. Olehnya sambil menunggu akan diunggah tulisan saya yang dulu di status facebook mengenai alam di Ponorogo, menimang-nimang tak membuang yang pernah lewat dan tercatatkan: diam-diam saya melangkah dengan kata-kata lirih pelahan, agar pepohon tetap bergoyang dengan nadanya, rerumputan senantiasa khusyuk dalam dekapan, dan sinar mentari menerobos celah dedaunan tanpa bimbang. Lalu apa yang tersentuh lewati jemari menjadi kelembutan pemahaman, hingga cecabang penalaran serta kilatan-kilatan hati dalam mendiaminya, tidak lepas tali kekangan. Sedari sentuhan itu, andai menemui hikmah, tiada lain semoga pembaca yang lebih segalanya daripada saya, turut berkenan menghadiahi hembusan doa, agar kelak melangkah pada titian panjang, seirama untaikan kata mutiara HOS. Tjokroaminoto, “Setinggi-tinggi ilmu, semurni-murni tauhid, sepintar-pintar siasat.” Di joresan Mlarak, sekitar satu kilo meter dari Gebang Tinatar Tegalsari, Jetis, ke arah timur matahari, dimana alamnya cantik rupawan, musim tanam padi mulai tumbuh lembut menghampar luas dikelilingi pebukitan dari kejauhan, dalam suasana kejujuran tropis itu, saya bagaikan lumpur berhasrat membuka tirai-tirai jendela, guna seluruh pandangan, segenap kesaksian malam-siang, tidak sekadar dilewati roda jaman, masa yang cepat aus, waktu terlanjur menepi, juga memiliki bekas cukup pantas dikenang sekaligus dilestarikan dalam untaian karangan munajad pembaca yang menjelma mata rantai sholawat ke suluruh semesta lahir-batin, mengisi antariksa jagad alit pula besar, demi persaudaraan langgeng di dunia pula di akhirat.
***
Dan saya baca buku Paus meski selintas, jika ini kritik sewujud berlari serampangan, kalau dianggap begitu tak masalah, Aguk bisa membalas kritiknya nanti pada buku saya selanjutnya, dan umpama dikira saran, puji syukur Alhamdulillah. Pembacaan saya dari halaman 3 sampai 176, dari esai “Binhad Nurrohmat dan kembalinya unsur Sastra Jahiliyah” hingga “Perihal tersingkirnya Puisi dari Industri Buku.” Dalam lintasan baca segerak cepat saya peroleh nada-nada kecenderungan diulang, atau kekisah sama diulas balik untuk memperkuat yang dikritisi dan memang itu tak mengapa, namun mengurangi keindahan. Mungkin perihal tersebut dikarena tuntutan media yang dikirimi karyanya, nan perlu gerak cepat jua untuk menuliskannya, di sini saya tidak mengalami keterhambatan membaca meski segerakan kilat, atau tidak terbata-bata seperti Aguk baca buku tipis saya yang dulu melihat (anggapannya) saya dalam keadaan terbata-bata dalam menuliskannya (esai Aguk mengenai buku saya pun ada di buku Paus). Beberapa kali saya pelajari polemik yang menghiasi media massa, nyata kurang memiliki perenungan dalam, seolah melupa bahwa penulis sudah mengetengahkannya, pahadal ketika tampil jadi bendelan buku, sangat kentara pengulangannya. Atau esai-esai di buku Paus, serasa hampir sama cara penyajiannya dengan bebuku kumpulan esai yang ditulis para kritikus sastra di Indonesia, yakni himpunan dari beberapa kasus yang ditulis di media cetak pun yang diadakan dalam wewaktu acara diskusi. Pengulangan di beberapa tempat (esai), semisal kisah penyair jahiliyah al-Qois yang nasibnya jadi gelandangan terluta, keagungan penyair muslim Ibnu Rawahah di hadapan kanjeng Nabi Muhammad SAW, dukungan penulis pada Najib Kaelani dst, namun secara garis besar Aguk punya peta penalaran jelas atau kritiknya tegas, mana yang harus disentil (Binhad Nurrohmat), sekadar disenggol (Damhuri Muhammad), disowahi(Hamid Jabbar) dipertanyakan (Taufik Ismail), yang dikritisi (Maman S Mahayana), dan sastra ngeseks dibantai habis. Tetapi sayangnya (mungkin ini hanya ungkapan saya saja) Aguk tetap mengakui Chairil Anwar sebagai pentolan, tidak mengkritik tegas mental si binatang jalang yang menjiplak lalu diperhalus HB. Jassin jadi penyadur di beberapa puisinya, pun tidak mengamati arus kecil mengisarinya yang tak pantas disebut pelopor di masanya. Selebihnya buku ini memikat, karena tidak banyak kritikus di Indonesia yang mengulas jauh alam kesusastraan di jazirah Arab, bisalah dibuat pegangan bagi yang mau memasuki dunia sastra Islam, atau buku Paus menambah wawasan serta sedikit-sedikit dapat memperteguh pengetahuan, tentunya sambil menyinauhi dalam-meluas apa saja yang Aguk sampaikan, agar benar-benar kepada pemahaman tersendiri.
Halaman 179 ke 400, Aguk memperlebar ayunan jala pemikirannya, tak melulu dalam negeri, jua bersangkut kepada para pemikiran luar yang akrab dengan jemari kekinian; menyapa dekat Muhammad Abduh, memperkenalkan Khalil Abdul Karim di antara kaum pemikir muslim yang ulang lainnya, mengenai Dr. Yusuf Qardlawi saya memilih berhati-hati, sebab iklim di Mesir berbeda dibandingkan di Indonesia yang tropis, tentunya mempengaruhi geliat nalar kaum penghuninya, meski di lain tempat Aguk memberi perbandingan Indonesia-Mesir, seperti pada catatan buat Ikranegera. Ada pola nalar Aguk bisa dibilang menarik, semisal memotret Mbah Maridjan seibaratan Nabi Ibrahim, perihalPadusan dts, yang menampilkan kearifan lokal untuk disinauhi kembali. Di esainya “Kesejajaran dan Pertentangan: Sains dan Agama,” sang penulis banyak menyisir permukaan ahli pikir Barat yang mempelajari keilmuan sedari khasana Islam, dan saya jadi tahu bagaimana pandangan Aguk menyikapi Stephen W. Hawking. Namun ada kelewat,mungkin Aguk abai atau lalai pada bukunya Eugene A. Myers “Arabic Thought and The Western Word” yang salah satunya mendapati penalaran Thomas Aquinas sedari temuannya al-Farabi. Selanjutnya mempertimbangkan Sutan Takdir Alisjahbana, tentu setelah baca jaman keemasan Yunani, kejayaan Islam, serta capaian Barat kini, untuk mencerna lemah lempung Pertiwi. Aguk pun memperkenalkan pemikiran al-Jilli diantara Nietzsche dan Søren Kierkegaard, mengetengahkan teorinya Charles Sanders Peirce bersama biografinya, kian dekat memahami posisi Ayatullah Khomeini dengan Mohammad Reza Syah (Dinasti Pahlevi), fenomena lokal Muhammad Yusman Roy, tidak luput menulis Adonis beserta sepak terjang kegelisahannya, menyikapi karikatur Nabi SAW pada koran harian di Denmark Jyllands Posten (30 September 2005), dan ditutup dengan esai “Tradisi Kenduren, Kearifan Lokal dan Identitas Budaya.”
Maka dalam buku Aguk yang dibagi 4 bagian, saya membacanya dengan 2 tarikan,Pertama lebih akrab mengenal dunia sastra di Indonesia dengan bumbu sedap sejarah kesusastraan sebelum Islam sampai turunnya ayat-ayat (al-Qur’an) teguran bagi para penyair hingga apa saja yang sepatutnya dilakukan sastrawan muslim, di sini Aguk memukul mundur sastra wangi, lalu memberi pengajaran sejauh mana seyogyanya susastra yang Islami, bukan yang berkembang ngepop sekarang ini, terlepas dari sejarah pergulatan orang-orang yang melakoni hidupnya dalam masyarakat. Kedua, di sinilah perbedaan para kritikus sastra Indonesia dengan Aguk, yang tak hanya berkutat dalam lingkaran dirinya sebagai penulis, tetapi berani keluar menyoroti perubahan, menyikapi laju jamannya, dan memberi benih unggul pengertian yang pantas dijumputi penulis setelahnya. Olehnya dari kisaran tulisan ini dapat ditarik benang simpul, pembacaan awal ke pertengahan cukup baik, yang tengah hingga tuntas bisa dibilang lumayan baik, dan biografi Aguk menjanjikan terbaik, karena sebentar lagi menyandang gelar Doktor. Jadi para mahasiswa dan kaum santri yang mengikuti diskusi kali ini, sangat merugi kalau tidak membeli bukunya; yang bagi saya ada beberapa buku bisa cepat kadaluarsa apa yang diunggahnya, sementara bukunya Aguk tidak mempan oleh fenomena tersebut, maka hukumnya wajib bagi kawula muda Lamongan untuk memilikinya, kalau ingin berbicara dunia sastra Islam pula para pemikir muslim beserta perkembangan geliatnya. Terakhir kali mohon maaf atas pembacaan yang melaju cepat, tentu masih siap menjawab yang mungkin kelak saya genapi, sebab apalah hebatnya gerak lesat hanya dibantu setan lewat, maka Wallahualam bissawab…
14 Mei 2014, dekat Bengawan Solo di desa Karangcangkring, Dukun, Gresik.
Wahyaning wahyu tumelung, tulus tan kena tinegor (wirid hidayat jati, R.Ng. Ronggowarsito)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
A Khoirul Anam
A Qorib Hidayatullah
A Rodhi Murtadho
A. Yusrianto Elga
A. Zakky Zulhazmi
A.S. Laksana
Aang Fatihul Islam
Aba Mardjani
Abd. Mun’im
Abdul Aziz Rasjid
Abdul Gaffar Ruskhan
Abdul Hadi W. M.
Abdul Kadir Ibrahim
Abdul Malik
Abdul Muis
Abdul Wachid BS
Abdullah Khusairi
Abidah El Khalieqy
Abimardha Kurniawan
Abroorza A. Yusra
Abu Salman
Acep Iwan Saidi
Achmad Farid Tuasikal
Adek Alwi
Adi Marsiela
Adian Husaini
Adib Muttaqin Asfar
Adji Subela
Afandi Sido
Afriza Hanifa
Afrizal Malna
Ageng Wuri R. A.
Ags. Arya Dipayana
Aguk Irawan M.N.
Agus B. Harianto
Agus Bing
Agus Noor
Agus R. Sarjono
Agus R. Subagyo
Agus Sri Danardana
Agus Sulton
Agus Sunyoto
Agus Wibowo
Agus Wirawan
Agusri Junaidi
AH J Khuzaini
Ahda Imran
Ahid Hidayat
Ahm Soleh
Ahmad Asyhar
Ahmad Farid Yahya
Ahmad Fuadi
Ahmad Muchlish Amrin
Ahmad Musthofa Haroen
Ahmad Rofiq
Ahmad Suhendra
Ahmad Yulden Erwin
Ahmad Zaini
Ahmadun Yosi Herfanda
Aini Aviena Violeta
Ajip Rosidi
Akhiriyati Sundari
Akhmad Muhaimin Azzet
Akhmad Sekhu
Al Azhar Riau
Al-Fairish
Alex R. Nainggolan
Alexander G.B.
Alfian Zainal
Aliansyah
Alimuddin
Almania Rohmah
Alunk Estohank
Amien Kamil
Amien Wangsitalaja
Anata Siregar
Andi Sutisno
Andy Riza Hidayat
Anies Baswedan
Anindita S Thayf
Anis Ceha
Anis Faridatur Rofiah
Anjrah Lelono Broto
Anna Subekti
Anton Kurnia
Ari Hidayat
Ari Kristianawati
Arie MP Tamba
Arief Junianto
Aris Kurniawan
Arti Bumi Intaran
Arul Arista
AS Sumbawi
Asarpin
Asep Sambodja
Atiqurrahman
Awalludin GD Mualif
Ayu Purwaningsih
Babe Derwan
Bakdi Soemanto
Balada
Bale Aksara
Bamby Cahyadi
Bandung Mawardi
Bayu Dwi Mardana
Bellanissa Zoditama
Beni Setia
Benny Arnas
Beno Siang Pamungkas
Berita
Berita Duka
Bernando J. Sujibto
Berthold Damshauser
Binhad Nurrohmat
Bokor Hutasuhut
Brunel University London
BSW Adjikoesoemo
Budaya
Budhi Setyawan
Budi Darma
Budi Hutasuhut
Budi P. Hatees
Budiawan Dwi Santoso
Bur Rasuanto
Burhanuddin Bella
Bustan Basir Maras
Catatan
Catullus
CB. Ismulyadi
Cerbung
Cerita Rakyat
Cerpen
Chavchay Syaifullah
Cikie Wahab
Cunong Nunuk Suraja
D Zawawi Imron
Dad Murniah
Dadang Ari Murtono
Dahlia Rasyad
Damhuri Muhammad
Damiri Mahmud
Danarto
Daniel Paranamesa
Darju Prasetya
Darman Djamaluddin
Darman Moenir
Dasman Djamaluddin
David Krisna Alka
Dea Anugrah
Dedy Tri Riyadi
Denny JA
Denny Mizhar
Desi Sommalia Gustina
Dewi Anggraeni
Dharma Setyawan
Dian Hartati
Didi Arsandi
Dina Oktaviani
Dipo Handoko
Djenar Maesa Ayu
Djoko Pitono
Doddi Ahmad Fauji
Doddy Hidayatullah
Dodi Chandra
Dodiek Adyttya Dwiwanto
Dody Kristianto
Donny Anggoro
Dony P. Herwanto
Dwi Cipta
Dwi Fitria
Dwi Klik Santosa
Dwi Pranoto
Dwicipta
Edy A Effendi
Edy Firmansyah
Eka Budianta
Eka Fendri Putra
Eka Kurniawan
Eko Darmoko
Ellyzan Katan
Elnisya Mahendra
Emha Ainun Nadjib
Endah Imawati
Eni Suryanti
Eny Rose
Eriyandi Budiman
Eriyanti
Erwin Edhi Prasetya
Erwin Setia
Esai
Evan Ys
Evi Idawati
F Rahardi
Fadly Rahman
Fahrudin Nasrulloh
Faizah Sirajuddin
Faizal Syahreza
Fajar Alayubi
Fakhrunnas M.A. Jabbar
Fanny Chotimah
Fariz al-Nizar
Fariz Alneizar
Faruk HT
Fatah Anshori
Fatah Yasin Noor
Fathurrahman Karyadi
Fatimah Wahyu Sundari
Fauzan Santa
Fazabinal Alim
Festival Sastra Gresik
Fikri MS
Fiksi Mini
Fransisca Dewi Ria Utari
Franz Kafka
Fuad Anshori
Furqon Abdi
Fuska Sani Evani
Gendhotwukir
Gendut Riyanto
Gerson Poyk
Gita Pratama
Goenawan Mohamad
Gola Gong
Grathia Pitaloka
Gregorio Lopez y’ Fuentes
Gugun El-Guyanie
Gunawan Budi Susanto
Gus Noy
H.H. Tokoro
Hadi Napster
Hamberan Syahbana
Hamdy Salad
Hamsad Rangkuti
Han Gagas
Hang Kafrawi
Hani Pudjiarti
Hanna Fransisca
Hardi Hamzah
Hardjono WS
Haris del Hakim
Haris Priyatna
Harris Maulana
Hary B. Kori'un
Hasan Al Banna
Hasan Junus
Hasbullah Said
Hasnan Bachtiar
HE. Benyamine
Heidi Arbuckle
Helmi Y Haska
Helvy Tiana Rosa
Hendra Junaedi
Hendri Nova
Herdoni Syafriansyah
Heri Kurniawan
Heri Latief
Heri Ruslan
Herman RN
Hermawan Aksan
Hermien Y. Kleden
Herry Lamongan
Holy Adib
Humaidiy AS
Husni Anshori
I Nyoman Darma Putra
I Nyoman Tingkat
I Wayan Artika
Ibnu Wahyudi
Ida Farida
Ignas Kleden
Ilham Khoiri
Imam Cahyono
Imamuddin SA
Iman Budhi Santosa
Imron Tohari
Indra Tranggono
Indrian Koto
Irwan Kelana
Isbedy Stiawan Z.S.
Iskandar Noe
Isma Swastiningrum
Ismi Wahid
Iwan Gardono Sujatmiko
Iwan Gunadi
Iwan Kurniawan
Iwan Nurdaya Djafar
Iwank
J.S. Badudu
Janoary M Wibowo
Javed Paul Syatha
JILFest 2008
JJ. Kusni
Jodhi Yudono
Joko Novianto Bp
Joko Pinurbo
Jones Gultom
Jual Buku Paket Hemat
Jusuf AN
Kadek Suartaya
Karya Lukisan: Andry Deblenk
Kasnadi
Kedung Darma Romansha
Kenedi Nurhan
Khaerudin Kurniawan
Khaerul Anwar
Ki Sugito Ha Es
Kirana Kejora
Komunitas Deo Gratias
Korrie Layun Rampan
Kritik Sastra
Kunthi Hastorini
Kuntowijoyo
Kurie Suditomo
Kurnia Effendi
Kurniawan
Kuswinarto
La Ode Rabbani
Lathifa Akmaliyah
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Jember
Leon Agusta
Lily Siti Multatuliana
Lily Yulianti Farid
Lina Kelana
Liza Wahyuninto
Lona Olavia
Lugiena Dé
M Fadjroel Rachman
M Farid W Makkulau
M Syakir
M. Dawam Rahardjo
M. Faizi
M. Mustafied
M. Raudah Jambak
M. Taufan Musonip
M. Yoesoef
M.D. Atmaja
M.Th. Krishdiana Putri
Mahmud Jauhari Ali
Mahwi Air Tawar
Maklumat Sastra Profetik
Malkan Junaidi
Maman S. Mahayana
Mangun Kuncoro
Mardi Luhung
Marhalim Zaini
Maria D. Andriana
Maria Magdalena Bhoernomo
Mariana Amiruddin
Maryati
Marzuzak SY
Mashuri
Maulana Syamsuri
Media: Crayon on Paper
Mega Vristian
MG. Sungatno
Misbahus Surur
Mofik el-abrar
Moh. Amir Sutaarga
Moh. Ghufron Cholid
Mohammad Hatta
Mohammad Kh. Azad
Mohammad Takdir Ilahi
Much. Khoiri
Muhamad Taslim Dalma
Muhammad Rain
Muhammad Subhan
Muhammad Yasir
Muhammadun A.S
Muhidin M Dahlan
Mujtahid
Mulyawan Karim
Musa Ismail
Musfi Efrizal
Mustafa Ismail
Mustofa W Hasyim
N Teguh Prasetyo
N. Mursidi
Nadhi Kiara Zifen
Nana Riskhi Susanti
Nanang Suryadi
Naskah Teater
Nasrulloh Habibi
Neva Tuhella
Nietzsche
Nirwan Dewanto
Nizar Qabbani
Noor H. Dee
Nova Christina
Novelet
Nunung Nurdiah
Nur Wachid
Nurani Soyomukti
Nurel Javissyarqi
Nurman Hartono
Nuryana Asmaudi
Nyoman Tusthi Eddy
Obrolan
Oky Sanjaya
Oyos Saroso HN
P Ari Subagyo
Pagelaran Musim Tandur
Pamusuk Eneste
Panji Satrio
PDS H.B. Jassin
Penerbit dan Toko Buku PUstaka puJAngga
Pipiet Senja
Pramoedya Ananta Toer
Pringadi AS
Pringgo HR
Prosa
Puisi
Puji Santosa
Purnawan Andra
PUstaka puJAngga
Putu Fajar Arcana
Putu Satria Kusuma
Putu Wijaya
R Masri Sareb Putra
R. Adhi Kusumaputra
R. Timur Budi Raja
R.N. Bayu Aji
Radhar Panca Dahana
Ragdi F. Daye
Rahmi Hattani
Raja Ali Haji
Raju Febrian
Rakai Lukman
Rakhmat Giryadi
Rama Dira J
Rama Prabu
Ramadhan KH
Ramon Magsaysay
Ramses Ohee
Ratih Kumala
Raudal Tanjung Banua
Reiny Dwinanda
Remy Sylado
Resensi
Ressa Novita
Ressa Sagitariana Putri
Ria Ristiana Dewi
Rialita Fithra Asmara
Ribut Wijoto
Rida K Liamsi
Rifka Sibarani
Rilda A. Oe. Taneko
Rilda A.Oe. Taneko
Rimbun Natamarga
Rinto Andriono
Risang Anom Pujayanto
Rita Zahara
Riyon Fidwar
Robin Al Kautsar
Robin Dos Santos Soares
Rodli TL
Rofiqi Hasan
Rohman Budijanto
Rukardi
S Yoga
S. Jai
S. Takdir Alisyahbana
S.W. Teofani
Sabrank Suparno
Sahaya Santayana
Sajak
Sajak Sebatang Lisong
Salamet Wahedi
Salman Rusydie Anwar
Salman S. Yoga
Salyaputra
Samson Rambah Pasir
Samsudin Adlawi
Sanie B. Kuncoro
Santy Novaria
Sapardi Djoko Damono
Sarabunis Mubarok
Sartika Dian Nuraini
Sasti Gotama
Sastra Nusantara
Satmoko Budi Santoso
Satriani
Saut Poltak Tambunan
Saut Situmorang
Sekolah Literasi Gratis (SLG)
Selasih
Seno Gumira Ajidarma
Seno Joko Suyono
Sergi Sutanto
Shadiqin Sudirman
Shiny.ane el’poesya
Shourisha Arashi
Sidik Nugroho
Sigit Susanto
Sihar Ramses Simatupang
Sindu Putra
Siska Afriani
Siti Sa’adah
Sitok Srengenge
Siwi Dwi Saputro
Slamet Samsoerizal
Sobih Adnan
Sofyan RH. Zaid
Solihin
Soni Farid Maulana
Sony Prasetyotomo
Sony Wibisono
Sosiawan Leak
Sri Wintala Achmad
Sri Wulan Rujiati Mulyadi
Stevani Elisabeth
Suci Ayu Latifah
Sucipto Hadi Purnomo
Sudarmoko
Sudirman HN
Suhadi Mukhan
Suharsono
Sukar
Sunaryono Basuki Ks
Sungatno
Sunlie Thomas Alexander
Sunu Wasono
Sunudyantoro
Supriyadi
Suriani
Suryanto Sastroatmodjo
Susianna
Sutan Iwan Soekri Munaf
Sutardji Calzoum Bachri
Sutejo
Syahruddin El-Fikri
Syaripudin Zuhri
Syifa Aulia
Syu’bah Asa
T.A. Sakti
Tammalele
Tan Lioe Ie
Tasyriq Hifzhillah
Taufik Abdullah
Taufik Effendi Aria
Taufik Ikram Jamil
Taufiq Wr. Hidayat
TE. Priyono
Teguh Winarsho AS
Tenas Effendy
Tengsoe Tjahjono
Thayeb Loh Angen
Theresia Purbandini
Tia Setiadi
Tias Tatanka
Tito Sianipar
Tjahjono EP
Tjahjono Widarmanto
Tjahjono Widijanto
Tjut Zakiyah Anshari
Topik Mulyana
Tosa Poetra
Tri Harun Syafii
TS Pinang
Tu-ngang Iskandar
Udo Z. Karzi
Uly Giznawati
Umar Fauzi Ballah
Umbu Landu Paranggi
Umi Kulsum
Uniawati
Universitas Indonesia
Usman Arrumy
Usman D.Ganggang
Utada Kamaru
UU Hamidy
Viddy AD Daery
W.S. Rendra
Wa Ode Wulan Ratna
Wahib Muthalib
Wahyudi Akmaliah Muhammad
Wardjito Soeharso
Wawan Eko Yulianto
Wawancara
Wayan Sunarta
Weli Meinindartato
Wicaksono
Widodo DS
Wina Karnie
Wisran Hadi
Wong Wing King
Yan Maniani
Yanti Mulatsih
Yanuar Arifin
Yasser Arafat
Yaumu Roikha
Yetti A. KA
Yohanes Padmo Adi Nugroho
Yohanes Sehandi
Yona Primadesi
Yudhi Ms
Yudhistira ANM Massardi
Yulianna
Yurnaldi
Yusi A. Pareanom
Yusi Avianto Pareanom
Yusri Fajar
Yusrizal KW
Yuyun Ifa Naliah
Zaim Rofiqi
Zainal Arifin Thoha
Zakki Amali
Zakky Zulhazmi
Zawawi Se
Zehan Zareez
Zelfeni Wimra
Zuarman Ahmad
Zulfikar Akbar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar