Langsung ke konten utama

Tema Beragam, Penuh Kejutan Metafora


Judul : Dongeng Anjing Api
Penulis : Sindu Putra
Tebal : viii + 121 halaman
Penerbit : Arti Foundation
Peresensi: Wayan Sunarta
Bali Post, 14 Des 2008

Buku Dongeng Anjing Api ini memuat 100 sajak pilihan Sindu Putra yang terbagi menjadi dua bagian -- Periode Bali (1994-2000) dan Periode Lombok (2001-2007). Lima puluh sajak dalam Periode Bali dikerjakan Sindu di Bali saat dia belum menikah. Sedangkan 50 sajak Periode Lombok dikerjakan Sindu ketika dia sudah menikah dan menetap di Lombok. Menurut Sindu, pembagian ini didasari oleh waktu, tempat dan situasi-kondisi.

Membaca sajak-sajak Sindu, orang akan bertemu dengan sejumlah kata yang secara umum dianggap kurang bernilai puisi. Namun penyair kelahiran Sanur, 31 Juli 1968 ini dengan leluasa dan tanpa beban menggunakan kata-kata itu. Tidak mudah memang memasukkan kata-kata berbau modern ke dalam puisi sebab memerlukan pergulatan batin dalam memilih kata dan keterampilan berbahasa tingkat tinggi. Artinya, penyair sudah tidak ada persoalan lagi dengan bahasa dan cara ungkap.

Sajak-sajak penyair yang bernama lengkap Ida Bagus Sindu Putra ini menjelajahi berbagai kemungkinan kata dan metafora. Sindu termasuk penyair yang terus gelisah untuk beternak sajak dalam dirinya, membiakkan anak-anak sajak dengan berbagai rupanya. Selalu saja terdapat kejutan-kejutan metafora yang dibangun dari keliaran imajinasi dan penjelajahannya terhadap kata.

Tema-tema yang digarap Sindu juga sangat luas dan beragam, seperti masalah dan kritik ekologi/lingkungan, kritik sosial, kritik budaya, ketuhanan, kehilangan, percintaan, pencarian jati diri, folklore, mitologi, perubahan akibat modernisasi. Terkadang dalam sebuah sajak Sindu, orang menemukan lebih dari satu pokok persoalan, atau sebuah tema yang membias ke berbagai arah layaknya cahaya yang ditembakkan ke dalam prisma. Misalnya persoalan ekologi campur aduk dengan mitologi dan perubahan akibat modernisasi.

Persoalan lingkungan (ekologi), misalnya, terangkai dalam baris-baris sajak "Tempat Pengalengan Ikan" (hal.53): ke dalam akuarium kayu ini/ perahu alumuniumku berlabuh/ melewati pesta sungkawa/ bunga-bunga jahe yang tumbuh/ dalam rumah kaca/ membelit lubang telinga. Kengerian akan kehancuran alam semakin jelas terlihat pada baris berikutnya: hujan asam tumbuh dalam televisi/ menekuk punggungku/ warna garis api dan lekuk ozon/ di garis edar satelit bumi/ menganga/ mulut kakus menerima setubuh semesta/ kucium bau tubuhmu. bau platina...

Sindu cukup rajin menggarap sajak bertema kritik lingkungan yang seringkali dikaitkan dengan persoalan modernisasi. Kalau ditelisik lebih jauh, persoalan ekologi muncul hampir di sebagian besar sajak Sindu, menjelma metafora dan berkelindan dengan berbagai persoalan lainnya. Kegamangannya menghadapi modernisasi yang merambah Bali, misalnya terlukis pada sajak "Tanah Lot" (hal.56): dengan upacara air mata/ aku migrasi dari pulau diri// dengan perahu beku/ karam dalam diri/ aku berlayar/ melewati monumen keabadian/ kondominium lilin setinggi pohon karet.

Cerita Rakyat
Folklore atau cerita rakyat juga menjadi perhatian Sindu. Sebuah cerita rakyat Bali yang terlupakan, Men Brayut, diangkat oleh Sindu menjadi sajak yang menarik dan sarat renungan sosial. Perhatikanlah petikan baris pembuka sajak "Ibu Kita Men Brayut" (hal.64): ibu kita men Brayut ibu sejati/ dari payudaramu ibu yatim piatu menyusu/ jadilah aku salah satu anakmu... Judul sajak ini diparodikan dari lagu Ibu Kita Kartini.

Sindu cukup piawai mengolah dongeng ke dalam sajaknya. Bahkan tampak kecenderungan sajak-sajak Sindu adalah mendongeng, dengan berbagai imajinasi liar dari negeri antah berantah bercampur aduk dengan serakan kata-kata dan metafora dari dunia modern. Misalnya, dalam sajak "Ritus Tantri" (hal.72), Sindu mengaitkan atau memparodikan dongeng Tantri dengan raja penderita insomnia dan impotensi, bahkan raja yang paranoid.

Dalam sajak "Dongeng Kini Manusia Bali", Sindu malah memelesetkan namanya menjadi artupudnis (kebalikan sinduputra), seakan nama tokoh dari mitologi Yunani kuno. Perhatikan pembuka baris sajak ini: di puncak bukit akropolis/ dengan lumut edelweis/ tatah namaku: artupudnis. Kalau membaca keseluruhan sajak ini, agaknya susah menemukan kaitan antara judul dan isinya.

Sajak-sajak Sindu bukanlah akhir dari zaman liris yang menurut Nirwan Dewanto telah hancur, menjadi puing dan telah berada di ambang senjakala. Justru sajak-sajak Sindu memperkaya lirisme dengan berbagai variannya. Sindu mampu memadukan, mengaduk dan meramu kata-kata dari berbagai bidang ilmu sehingga sajak-sajaknya terkesan unik dan mengagetkan bagi banyak kalangan yang masih tertib dengan lirisme.

Idiom-idiom dokter hewan, dunia peternakan, pertanian, modernisasi, merasuk ke dalam sajak-sajaknya. Orang sering heran, bagaimana bisa Sindu dengan berani mencantumkan kata-kata yang secara umum tidak puitis ke dalam sajaknya. Seperti kata televisi, kondominium, impotensi, dan lain sebagianya. Namun justru di sinilah kehebatan Sindu yang tidak terlalu silau dengan kata-kata, idiom-idiom, metafora-metafora yang secara umum disepakati bernilai sastra dan mampu membangun kerangka kuat sebuah sajak.

Sebagai penyair, Sindu tidak hanya asyik dengan dunia batinnya sendiri. Ia mengamati, merasakan, berempati, bersimpati pada berbagai kejadian, dan dengan cermat menuangkan ke dalam sajak-sajaknya. Hanya saja, terkadang Sindu terlalu hanyut dengan kegelapan dan keruwetan metafora sehingga beberapa sajaknya menjadi keruh. Karena salah satu tantangan penyair adalah justru menggapai kejernihan dalam pergulatannya dengan puisi.

Kata-kata atau metafora-metafora yang dibangun Sindu seringkali berbenturan atau berjumpalitan dalam sajak-sajaknya. Mungkin, bagi Sindu, menulis puisi bukan untuk menjadi penyair ("Menulis Puisi", hal.58). Mungkin, Sindu hanya ingin bermain, seperti ucapnya dalam bait sajak "Aku Bermain" (hal.48): Melenguh menjadi sapi/ melolong sebagai serigala// mengenakan topeng kertas/ menjadi burung orok-orok.

Kelebihan Sindu sebagai penyair adalah kemampuannya untuk berenang dan bermain dalam samudera kata-kata dan imajinasi liar, sehingga melahirkan sajak-sajak yang terkesan unik. Kalau perjuangan penyair adalah menemukan metafora yang segar, maka Sindu sudah melakukannya.
 ***

Komentar

PUstakapuJAngga.com

Sastra-Indonesia.com