124 Sastrawan Siap Mengikuti TSI 4 Ternate

Herdoni Syafriansyah
Sriwijaya Post,6 Oktober 2011

SEBANYAK 124 sastrawan siap mengikuti Temu Sastrawan Indonesia (TSI) 4 di Ternate, 25-29 Oktober 2011. Untuk cerpenis yang lolos sejumlah 11 orang, sementara penyair 81 orang.

“Ke 92 sastrawan tersebut, lolos seleksi karya oleh Dewan Kurator yang bersidang di Jakarta, 10-11 September 2011,” jelas Dino Umahuk, sekretaris panitia TSI 4 mewakili Ketua Pelaksana, Sofyan Daud.

Ditambahkan Dino, TSI 4 akan diikuti 124 sastrawan (cerpenis-penyair), sebab 32 sastrawan yang khusus telah dipilih oleh Dewan Kurator untuk difasilitasi transportasi dari tempat asal ke Ternate pergi-pulang.

“Jumlah sastrawan itu diluar narasumber, moderator, fasilitator workshop, dan penampil pada malam pembukaan dan penutupan,” kata Dino.

Keputusan tersebut, hasil sidang Dewan Kurator Temu Sastra Indonesia (TSI) IV yang digelar selama dua hari di Jakarta, Minggu (10-11/9). Karya-karya sastra yang terpilih itu akan dibukukan dalam antologi sastra TSI 4.

Salah satu dewan kurator, Zen Hae mengatakan, temu sastra ini akan mengumpulkan seluruh sastrawan se-Indonesia. Tujuan utamanya tak lain, untuk menggairahkan kembali sastra di negeri ini. Apalagi kata dia, peserta TSI-4 kali ini cukup banyak terdiri dari kalangan muda sehingga harus didukung oleh semua elemen bangsa termasuk pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

"Tidak mungkin hanya kalangan sastrawan menanggung beban untuk memajukan sastra itu sendiri, tapi perlu dukungan berbagai pihak untuk mengembangkannya," ujar Zen di Jakarta, Minggu (11/9). Hadir pula dalam pertemuan ini Walikota Ternate, Burhan Abdurrahman.

Zen juga mengatakan, sangat menggembirakan bila pemerintah turut aktif bagi pertumbuhan sastra, bukan hanya di Jakarta tapi di seluruh indonesia.

"Tujuan utamanya supaya tidak ketinggalan dengan negara lain dalam hal budaya dan sastra. Padahal kita banyak memiliki sastrawan yang bahkan namanya sudah meng-internasional. Jadi potensi kemajuan sastra negeri ini sangat besar. Hanya masih kurang diperhatikan," tambahnya.

Untuk peserta asal Sumatera Selatan, diwakili oleh empat orang sastrawan yang masuk dalam jajaran sastrawan muda Indonesia. Mereka adalah Eko Putra (Penyair, Sekayu Musi Banyuasin), Benny Arnas (Cerpenis, Lubuklinggau), Herdoni Syafriansyah (Penyair, Sekayu Musi Banyuasin), dan Nurhayat Arief Permana (Penyair, Palembang).

Sedangkan Pringadi Abdi Surya, penulis asal Banyuasin Sumatera Selatan yang biasa dikenal sebagai penyair, mewakili Nusa Tenggara Barat untuk kategori Cerpen.

Walikota Ternate Burhan Abdurrahman mengatakan, Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya TSI IV yang siap digelar. Sultan Ternate, Mudaffar Sjah pun mengatakan, masyarakat kota Ternate akan mendukung kesuksesan kegiatan ini.

Rencananya, para sastrawan dan budayawan yang diundang untuk mengisi Malam Pembukaan TSI IV ini antara lain Happy Salma, D Zawawi Imron, Joni Ariadinata dan Agus Nuramal. Malam pembukaan juga akan dimeriahkan oleh penyanyi Glen Fredly.

Dijumput dari: http://palembang.tribunnews.com/2011/10/06/124-sastrawan-siap-mengikuti-tsi-4-ternate

Komentar