Langsung ke konten utama

Hari Ini Goenawan Mohamad Luncurkan Tiga Buku

Iwank
http://www.tempointeraktif.com/

Sepanjang 2011, penerbit Grafiti Pers akan meluncurkan beberapa buku karya Goenawan Mohamad. Rangkaian peluncuran buku ini akan diselenggarakan di berbagai tempat dan disertai dengan diskusi dan pembacaan karya-karyanya.

Untuk acara peluncuran yang terdekat ini, tiga buku pertama yang akan diluncurkan adalah "Tokoh dan Pokok, "Marxisme, Kesenian, Pembebasan" dan "Indonesia/Proses".

Menurut rilis dari Komunitas Salihara, "Tokoh dan Pokok" merupakan kumpulan esai Goenawan Mohamad tentang sejumlah tokoh Indonesia dalam sejarah, seperti Kartini, Bung Hatta, Syahrir, Tan Malaka, Pramoedya Ananta Toer dan Gus Dur.

Dalam buku "Marxisme, Kesenian, Pembebasan", Goenawan Mohamad berbicara tentang seni sebagai bagian dari emansipasi dan peran Marxisme dalam sejarah. Buku ini juga membahas soal Manikebu, para perupa Lekra dan pergulatan ide-ide yang muncul sejak awal 1960-an. Adapun buku "Indonesia/Proses" menyoroti gagasan keindonesiaan sebagai bantahan terhadap pengertian identitas sebagai "jati diri".

Peluncuran ketiga buku itu akan diadakan di Teater Salihara pada hari ini, Sabtu, 21 Mei 2011, pukul 16.00 WIB, dengan Rocky Gerung, dosen filsafat di Universitas Indonesia, sebagai pembicara.

Komentar

Sastra-Indonesia.com

Media Lamongan